Selasa, 02 Oktober 2012

Sistem Kekebalan Buatan

Kekebalan yang dimiliki tubuh dapatdisesuaikan dengan keinginan kita. Kitadapat menyuruh tubuh untuk membuatantibodi penghancur antigen polio, tuberculosis,dan lainnya melalui pemberianvaksin. Vaksin adalah bibit penyakit yangtelah dilemahkan. Proses pemberian vaksindalam tubuh dinamakan vaksinasi. Jadi jikamenginginkan tubuh memproduksiantibodi tetanus, kita harus menyuntiknyabakteri tetanus yang telah dilemahkan.
Vaksin tetanus tersebut yang masuk tersebutakan dianggap tubuh sebagai penyakit,sehingga tubuh akan memproduksi antibodiuntuk menghancurkan penyakit tetanus tersebut. Akibatnya tubuh akankebal terhadap tetanus jika suatu saat penyakit tersebut menyerang.Kekebalan yang dibuat oleh tubuh dengan pemberian vaksin inidinamakan kekebalan buatan atau kekebalan aktif.
Tidak semua penyakit dapat dicegah dengan cara vaksinasi. Banyakpenyakit yang masih tahan terhadap perusakan olehantibodi. Contoh penyakit yang sampai sekarang belum mempunyaivaksin yang efektif adalah AIDS dan malaria. Salah satu sebab sulitnyamencari vaksin yang efektif ini karena cepat berubahnya sifat viruspenyebab penyakit. Vaksin yang umum digunakan selama ini diantaranyaadalah vaksin DPT untuk mencegah penyakit dipteri - pertusis - tetanus -BCG untuk mencegah TBC, vaksin tetanus, dan campak.



Postingan Yang Mungkin Anda Suka :

0 komentar:

Posting Komentar