Jumat, 03 Februari 2012

Eksresi Invertebrata

Kali ini peta konsep blog akan share mengenai eksresi yang terdapat pada hewan invertebrata, atau yang biasa disebut juga hewan tidak bertulang belakang. Baik langsung saja simak berikut ini :
Hewan-hewan kelompok ini belum memiliki alat ekskresi khusus,sehingga sisa metabolisme dikeluarkan melalui permukaan tubuhnyasecara difusi.

a. Cacing pipih

Contohnya pada Planaria. Cairan tubuh yang melewati sel api akan disaring. Zat-zat sisa yang dikandungnya akan diserap oleh sel api.Gerakan bulu getar di dalam saluran sel api akan mendorong zat air kearah saluran gabungan. Melalui saluran gabungan inilah, akhirnya zat-zat sisa dibuang ke luar melalui lubang ekskresi.

b. Cacing tanah

Cairan tubuh yang melewati nefridia. Zat-zat yang berguna akan diserap oleh darah, sedangkan cairan tubuh yang berupa zat sisa yang tidak berguna seperti air, senyawa nitrogen, dan garam-garam yang tidakdiperlukan tubuh akan ditampung dalam kantong kemih, selanjutnya dikeluarkan melalui lubang nefridium (nefridiofora).

c. Serangga

Zat-zat sisa metabolisme yang berupa senyawa nitrogen dari cairan tubuh diubah menjadi asam urat. Zat ini akan diserap pembuluh malpighi, terus diangkut ke usus di dalam rektum. Air yang berlebihan akan diserap oleh usus, sehingga kotoran serangga berupa butiran-butiran.

Sekian ilmu yang dapat saya bagi, bila ada pertanyaan, silahkan komentar dibawah.





Postingan Yang Mungkin Anda Suka :

0 komentar:

Posting Komentar