Kamis, 19 Juli 2012

Relief Daratan Indonesia

Relief adalah bentuk kekasaran permukaanbumi, baik berupa tonjolan, dataran, atau cekungan. Permukaandaratan Indonesia sangat bervariasi, hal ini dikarenakan Indonesiamemiliki sejarah dan formasi geologi yang unik. Indonesia menempatidua lapisan Lempeng benua yang berbeda, yaitu LempengBenua Asia di kawasan Barat dan lempeng Benua Australia dikawasan Timur. Selain itu, Indonesia berada pada jalur pertemuanlempeng dunia, sehingga banyak menghasilkan rangkaian gunungapi.

Secara garis besar, relief daratan Indonesia dapat dibedakanatas daerah pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi atau daerahpegunungan. Indonesia banyak memiliki gunung dan pegunungan,hal ini dikarenakan Indonesia dilintasi oleh dua jalur pegununganmuda, yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Sirkum Pasifikmerupakan rangkaian pegunungan di sekeliling Samudra Pasifik.Berawal dari Pegunungan Andes di Amerika Selatan, RockyMountain di Amerika Utara, Alaska, Kepulauan Aleut, KepulauanKuril, Kepulauan Jepang, Taiwan, Filipina, Pulau Irian, hinggaSelandia Baru. Adapun Sirkum Mediterania dimulai dari AfrikaUtara dan Eropa Selatan, lewat Asia Barat, Pegunungan Himalaya,Thailand Utara, Myanmar, Kepulauan Andaman, dan Indonesia.Di Indonesia, jalur tersebut terpecah menjadi dua, yang dikenaldengan sebutan jalur busur dalam dan jalur busur luar. Jalur busurluar berada di perairan sebelah Barat Sumatra, sebelah Selatan Jawa,Bali, Nusa Tenggara, dan berakhir di Kepulauan Tanimbar. Adapunjalur busur dalam berada di Pulau Sumatra, membentuk rangkaianBukit Barisan di bagian Barat Sumatra, rangkaian pegununganSelatan Jawa, Bali, Nusa Tenggara, hingga Kepulauan Banda.Indonesia tercatat memiliki 128 gunung api, 90 di antaranyamasih aktif dan selalu menunjukkan aktivitas vulkanismenya. Selainitu, terdapat tidak kurang dari 400 gunung api yang telah mati.Sebuah gunung dianggap telah mati jika sejak tahun 1600 tidak lagimenunjukkan adanya gejala vulkanisme.

Banyaknya gunung api ini memengaruhi jenis dan kesuburantanah, karena proses vulkanisme dapat menghasilkan tanah barudan debu hasil letusannya mampu menyuburkan tanah.Hal inilah yang menyebabkan sebagian besar wilayahIndonesia merupakan lahan yang subur. Selain itu,banyaknya gunung api juga berpengaruh terhadapkondisi cuaca, khususnya curah hujan sebagai akibatdari proses orografis, serta ketersediaan air tawarkarena banyak terdapat mata air di lereng-lerengnyayang menimbulkan aliran sungai.


Postingan Yang Mungkin Anda Suka :

0 komentar:

Posting Komentar