Jumat, 27 Juli 2012

Pembagian gelombang bunyi berdasarkan frekuensinya

Manusia memiliki batas pendengaran terhadap bunyi. Bunyi yang berfrekuensisangat rendah dan berfrekuensi terlalu tinggi tidak dapat didengar oleh telingamanusia. Berdasarkan frekuensinya, gelombang bunyi dibedakan menjadi tiga,yaitu gelombang infrasonik, gelombang audiosonik, dan gelombang ultrasonik.
1. Gelombang Infrasonik
Gelombang infrasonik adalah gelombang yang mempunyai frekuensi dibawah jangkauan manusia, yaitu lebih kecil dari 20 Hz. Gelombang infrasonikhanya mampu didengar oleh beberapa binatang seperti jangkrik, anjing, dankelelawar.
2. Gelombang Audiosonik
Gelombang audiosonik adalah gelombang yang mempunyai frekuensiantara 20 sampai 20.000 Hz. Gelombang audiosonik merupakan gelombangyang mampu didengar oleh pendengaran manusia dan sebagian besarbinatang.
3. Gelombang Ultrasonik
Gelombang ultrasonik mempunyai frekuensi di atas jangkauanpendengaran manusia, yaitu lebih besar dari 20.000 Hz. Kelelawar padamalam hari memancarkan gelombang ultrasonik dari mulutnya. Gelombangini akan dipantulkan kembali bila mengenai benda. Dari gelombang pantulyang didengar tadi, kelelawar dapat mengetahui jarak dan ukuran benda yangberada di depannya.




Postingan Yang Mungkin Anda Suka :

1 komentar: