Senin, 16 Juli 2012

Akibat pembuangan detergen sembarangan

a. Buih detergen yang menumpuk di permukaan sungai akan menghalangipenyerapan oksigen dari udara ke dalam air sungai. Akibatnya, air sungaiakan mengalami penurunan kadar oksigen yang pada gilirannya akanmenyebabkan satwa yang tinggal di dalamnya mati.
b. Pertumbuhan ganggang tertentu dan enceng gondok akan meningkatpesat akibat kadar fosfat yang meningkat di dalam air karena kehadirandetergen. Jika permukaan air sampai tertutup oleh pertumbuhan jenistumbuhan air ini maka kesempatan fitoplankton yang seharusnyamendapatkan sinar matahari yang cukup untuk proses fotosintesismenjadi terganggu dan akhirnya mati. Akibatnya, banyak satwa airyang ikut mati karena kehidupannya hanya mengandalkan konsumsiterhadap fitoplankton yang ada.
c. Jika air yang tercemar oleh detergen digunakan untuk mandi, airtersebut dapat mengakibatkan iritasi dan gatal-gatal pada kulit yangsensitif.
d. Jika air yang tercemar oleh detergen digunakan untuk memasak ataudiminum, air tersebut dapat mengakibatkan sakit perut, muntahmuntah,diare, dan sebagainya.




Postingan Yang Mungkin Anda Suka :

0 komentar:

Posting Komentar