Senin, 06 Februari 2012

Eksresi Vertebrata

Berikut ini sistem eksresi dari hewan vertebrata :
a. Ikan emas

Alat ekskresi berupa sepasang ginjal berwarna kemerah-merahan,terletak di antara gelembung udara depan dan belakang. Ginjal dilengkapisaluran urine, yang muaranya menyatu dengan muara saluran kelamin,sehingga disebut muara saluran urogenitalia. Ikan-ikan jenis lain ada yangmuara tiga saluran, yaitu saluran urine, kelamin, dan anus menyatu disebutkloaka.
Ikan air laut banyak minum, sedikit urine. Garam-garam yang masukbersama air yang diminum, akan dikeluarkan secara aktif melalui insang.Ikan air tawar sedikit minum namun banyak mengeluarkan urine. Disamping itu, ikan air tawar juga menghemat garam dan membersihkantubuhnya dan zat-zat sisa senyawa nitrogen.

b. Katak hijau

Alat ekskresi berupa sepasang ginjal kiri dan kanan. Warnanya merahkecoklatan, bentuknya memanjang dari depan ke belakang. Zat sisa yangdiambil oleh ginjal akan disalurkan melalui ureter menuju ke kantongkemih yang berupa kantong berdinding tipis yang terbentuk dari tonjolandinding kloaka. Fungsinya untuk menyimpan urine sementara. Muarasaluran urine, saluran kelamin, dan saluran pencernaan akan menyatudisebut kloaka.

c. Kadal

Alat ekskresi berupa sepasang ginjal. Salurannya juga bermuara padakloaka (muara saluran urine, saluran kelamin dan saluran pencernaan).

d. Burung

Alat ekskresi berupa paru-paru, ginjal dan kulit. Ginjal berjumlahsepasang, berwarna cokelat. Saluran kelamin, saluran ekskresi, dan saluranpencernaan menyatu bermuara pada kloaka. Burung tidak mempunyai kantong urine. Urine yang dihasilkan ginjal langsung bercampur dengansisa pencernaan di kloaka.Kulit burung tidak mempunyai keringat, tetapi mempunyai kelenjarminyak yang terdapat pada tunggingnya. Minyak ini berguna untuk meminyaki bulu.

Bagaimana?
ada pertanyaan?
silahkan beri komentar dibawah.


Postingan Yang Mungkin Anda Suka :

2 komentar:

  1. iya iya.. ekresi vertebrata.. (aku ga paham dunia biologi)

    blog kamu banyak kenapa ga disatuin... blog catatan r10 itu ngambil banyak tema karena aku pusing ngurus banyak blog

    *btw blog yg tema ini kenapa ga menyasar ke para pelajar? coba aja bw di http://kancut-beringas.blogspot.com/

    anak muda semua tuh.. banyak yang pelajar/kuliah, followernya 1677

    BalasHapus
    Balasan
    1. :) saya kurang ahli kalo dalam masalah begitu gan :D

      Hapus